UIN Malang Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan di Laboratorium untuk Dukung Green Campus

UIN Malang Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan di Laboratorium untuk Dukung Green Campus

Berita, Energy and Climate Change, Program

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus berupaya meningkatkan kepedulian lingkungan dengan mengurangi emisi karbonnya. Memperbarui teknologi dan fasilitas kampus adalah salah satu tindakan nyata yang diambil oleh sekolah ini untuk mendukung lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Sebagian laboratorium di fakultas saintek UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki beberapa laboratorium yang telah dimodernisasi sebagai bagian dari upaya ini. Perangkat lama telah digantikan oleh komputer dengan teknologi terbaru, seperti PC dengan prosesor Intel Core i7 dan MacBook. Teknologi layar LCD sekarang lebih efisien dibandingkan dengan monitor tabung sinar katoda (CRT) lama.

Perubahan ini meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan mengurangi dampak perangkat teknologi terhadap lingkungan. Layar LCD mengkonsumsi energi yang jauh lebih sedikit daripada monitor CRT, sehingga mengurangi emisi karbon di kampus. Teknologi PC Core i7 dan MacBook yang lebih canggih juga mendukung pemrosesan yang lebih cepat dan efisien, yang menurunkan waktu penggunaan perangkat dan dampak pada lingkungan.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk mengurangi jejak karbon kampus dan meningkatkan kesadaran lingkungan siswa. Kami berharap dapat mengurangi konsumsi energi dan memberikan contoh pengelolaan sumber daya yang lebih ramah lingkungan dengan teknologi yang lebih baru.

Selain itu, inisiatif ini sejalan dengan program Green Campus yang dipromosikan oleh UIN Malang. Program ini bertujuan untuk mengubah lingkungan kampus menjadi tempat belajar yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Penggunaan teknologi yang lebih hemat energi ini adalah satu dari banyak rencana untuk meningkatkan efisiensi energi di seluruh kampus.

UIN Malang berharap perubahan ini akan menguntungkan lingkungan secara langsung dan menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk menerapkan praktik yang lebih ramah lingkungan. UIN Malang menetapkan standar tinggi dalam pelestarian lingkungan di dunia pendidikan dengan terus berinovasi dan berkomitmen terhadap keberlanjutan.