UIN Malang Tegaskan Komitmen Green Campus dalam Pertemuan Bersama Asesor UI GreenMetric

UIN Malang Tegaskan Komitmen Green Campus dalam Pertemuan Bersama Asesor UI GreenMetric

Berita, Education and Research, Program, Setting Infrastructure

Rabu, 18 September 2024, UIN Malang menyelenggarakan pertemuan ketiga dengan Asesor UI GreenMetric di Gedung Rektorat lantai 5. Pertemuan ini menjadi salah satu langkah penting UIN Malang menuju status “Green Campus", yang dihadiri oleh para pimpinan universitas, tim Panitia, dan Asesor UI GreenMetric.

Kegiatan yang dimulai dari pagi ini diawali dengan site visit di tiga kampus UIN Malang yakni, Kampus 3, Kampus 2, dan Kampus 1. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars/Hymne UIN Malang oleh peserta undangan.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, menegaskan bahwa konsep Green Campus sangat sejalan dengan nilai-nilai Islam, yang menekankan pentingnya menjaga hubungan baik antara manusia, Tuhan, dan alam. "Program Green Campus sudah menjadi bagian dari jiwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang karena doktrin Islam adalah menjaga lingkungan," ujar Prof. Zainuddin. Ia menekankan bahwa menjaga alam adalah tanggung jawab umat manusia sebagai titipan Tuhan, dan hal ini harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan kampus.

Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Asesor UI GreenMetric, menyampaikan apresiasinya terhadap potensi besar UIN Malang sebagai green campus, terutama dengan luas kampus yang mendukung implementasi program ini. Tim asesor juga telah mengunjungi Kampus 3 di pagi hari dan menyaksikan langsung program lingkungan yang dijalankan di sana tepatnya pada Maliki Biodiversity Forest.

Selain itu, Prof. Dr.-Ing. Ir. Dwita Sutjiningsih, Dipl. HE, memberikan rekomendasi tindak lanjut, khususnya pada struktur tim PAC yang perlu diperkuat hingga ke level fakultas untuk mempermudah pengumpulan data dan implementasi program. Ia menyoroti pentingnya keterlibatan seluruh civitas akademika dalam mengembangkan kampus hijau yang berkelanjutan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Dr. Aulia Fikriarini Muchlis, S.T., M.T., mengenai update data UIGM dari UIN Malang, diikuti oleh konsensus green campus yang melibatkan seluruh pimpinan universitas. Penandatanganan komitmen bersama ini menandai langkah nyata UIN Malang dalam mengintegrasikan konsep green campus dengan pengelolaan kampus yang berbasis teknologi smart campus, yang diharapkan tidak hanya menjadi pusat pendidikan, tetapi juga destinasi wisata dan olahraga ramah lingkungan.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat UI GreenMetric dan cinderamata sebagai simbol kerja sama antara UIN Malang dan tim asesor. Tim asesor juga meluangkan waktu berbagi wawasan mengenai pemeringkatan UI GreenMetric melalui sesi Maliki Podcast, yang memberikan kesempatan bagi seluruh civitas akademika UIN Malang untuk lebih memahami pentingnya konsep "Green Campus" dan upaya pengurang emisi karbon di lingkungan kampus.